;

7 Pertimbangan Sebelum Menjalankan Bisnis Waralaba


7 Pertimbangan Sebelum Menjalankan Bisnis Waralaba |  Bisnis waralaba sudah menjamur di kalangan masyarakat, karena bisnis tersebut sangat menjanjikan mendapatkan keuntungan yang sepenuhnya, mungkin bisa melebihi dari modal yang sudah di investasikan. Maka dari itu pebisnis dengan mudahnya menentukan bisnis waralaba sebagai pilihannya. Tapi apakah anda yakin akan pilihan tersebut, oleh karena itu kuatkan mental sebelum menjalani perjalanan bisnis waralaba anda.

Untuk itu pahami kata-kata yang melintas jika ada pertanyaan yang dilontarkan kepada diri anda. Apakah anda memiliki jiwa menjalankan usaha bisnis. Apakah anda sendiri berniat menjalankan bisnis waralaba? Maksudnya, anda hendak akan menjalankan bisnis dengan mengikuti suatu bisnis waralaba yang sudah berjalan?

Jika pikiran dan rasa hati nurani anda menjawab YA, sebaiknya anda putuskan untuk memilih bisnis waralaba atau bisnis franchise sebagai pilihan yang anda lakukan dan yakini nantinya.

Untuk itu, berikut ini ada tujuh hal yang harus anda lihat dan pertimbangkan dalam memilih sebuah bisnis waralaba. Jika keputusan pilihan anda benar, maka keputusan itu akan berbuah manis dan kelancaran pada bisnis waralaba yang anda jalani.

1. Tinjau dan Amati Lokasi
Dimana anda akan membuka bisnis yang anda beli waralabanya tersebut? Lakukanlah sebuah riset pasar untuk mengetahui apakah waralaba yang hendak anda jalankan memang bagus untuk sasaran market atau pasar.

2. Sistem Bisnis Waralaba

Bagaimana sebuah sistemnya? Anda perlu tanyakan ini pada pemilik waralaba. Sehingga anda tahu betul bagaimana sistem bisnis waralaba itu akan berjalan. Dan anda akan tahu betul bagaimana sistem dan mekanisme waralaba tersebut. Jikalau sistem itu sudah berjalan dengan benar, maka bisnis waralaba yang anda jalankan akan begitu mudah mampu mendapatkan sasaran pasar atau market.

3. Bagaimana SOP Bisnis Waralaba

Apakah ada SOP-nya? Apakah SOP itu, SOP merupakan Standar operating procedure, jadi anda harus memiliki SOP jika menjalani sebuah bisnis. Agar standar bisnis yang diberikan menjadi jelas. Dengan SOP tersebut diharapkan suatu mutu layanan bisa terjaga. Dan suatu ketika konsumen mengerti dan mengetahui, bahwa standar mutu layanan bisnis yang anda jalankan memang terbaik.

4. Tanyakan Pembeli Waralaba Lainnya
Ada baiknya sebelum anda memutuskan untuk membeli sebuah waralaba, anda harus bertanya kepada pembeli warala lainnya yang telah memperoleh kesuksesan dan kelancaran. Sehingga anda bisa mengerti dan mengetahui apa tantangan yang mungkin nanti di hadapi ketika bisnis itu berjalan.

5. Cari Tahu Support Bisnis
Bagaimana dukungan bisnis yang diberikan oleh pemilik waralaba atau franchise tersebut? Anda harus tahu cari persoalan penting seperti ini. Sebab dukungan bisnis yang baik sangat dibutuhkan oleh anda. Anda bisa cari tahu apa saja program dukungan yang dibutuhkan ?
Bagaimana strategi pemasaran saat awal launching atau pembukaan hari pertama bisnis waralaba anda? Dukungan apa saja yang diberikan pemilik waralaba saat launching? Bagaimana dukungan bisnis selanjutnya untuk kedepan? Bagaimana pelatihan mengelola suatu bisnis? Bagaimana sistem rekruitmen untuk SDMnya?

6. Sesuai Dengan Dana
Dalam memilih bisnis waralaba, pilihlah bisnis waralaba yang sesuai dengan dana yang anda hendak investasikan. Ada banyak pilihan budget waralaba, dari yang kisaran jutaan, puluhaan juta, ratusan juta sampai milyaran.

7. Bandingkan Antar Waralaba Lainnya
Jika ada bisnis waralaba yang sejenis, anda bisa bandingkan sebelum memutuskan memilih waralaba yang tepat. Anda bisa bandingkan kelebihan masing-masing waralaba serta penawaran apa saja yang dijanjikan kepada anda.

Jika sudah mendapatkan waralaba yang sesuai, maka lakukanlah ACTION tersebut, jangan menunggu waktu yang lama lagi. Jika ACTION sudah ada, maka bisnis anda akan segera berjalan dengan prosesnya waktu. Jika waralaba itu pun offline, anda juga bisa ikuti bisnis waralaba atau bisnis franchise lewat jasa Internet yang sudah menjamur di saat ini. Lakukan pencarian dan pergerakan pada bisnis waralaba anda, sehingga terlihat maju atau tidaknya bisnis waralaba yang anda jalankan. Maka siapkanlah segalanya sebelum menyentuh waralaba tersebut, jika sudah siap maka lakukanlah.


Terimakasih atas kunjungannya di sini dan jangan lupa ditunggu kunjungan berikutnya
Artikel Yang Berhubungan

Dadang ID - 21.44

0 komentar:

Posting Komentar