;

Perhatikan Faktor Ini Saat Anda Membeli Sebuah Bisnis


Perhatikan Faktor Ini Saat Anda Membeli Sebuah Bisnis. Anda mempunyai banyak uang, namun tak ingin berinvestasi dengan memulai sebuah bisnis baru? Membeli sebuah usaha yang sudah mapan barangkali cocok bagi Anda. Pasalnya, usaha tersebut lebih memiliki kepastian, lebih sedikit risiko atau setidaknya sudah cukup stabil.

Membeli sebuah bisnis akan menjadi salah satu solusi yang tepat. Anda tidak perlu lagi bersusah payah mencari pelanggan karena mereka sudah ada. Di samping itu, sudah tersedia sebuah catatan mengenai apa yang bisa djual dan apa yang tidak, yang dikumpulkan dari pengalaman pengelola terdahulu. Anda hanya cukup berfokus kepada peningkatan bisnis daripada memulai dari nol karena hampir semua infrastruktur serta peralatan yang dibutuhkan sudah tersedia. Untuk membeli bisnis, berikut beberapa faktor yang harus Anda perhatikan:


Pelanggan

Aset yang terpenting yang dapat Anda peroleh dalam membeli sebuah bisnis ialah para pelanggan. Meskipun sudah ada produk yang bagus atau infrastruktur yang memadai, membangun basis pelanggan merupakan satu hal yang membutuhkan waktu lama. Dibutuhkan kesabaran dan konsistensi yang tinggi untuk memupuk jumlah pelanggan, belum termasuk menumbuhkan loyalitas pelanggan terhadap produk atau jasa yang diluncurkan. Pastikan juga bahwa pelanggan merasa puas dan mereka tidak akan beralih ke penyedia produk atau jasa lainnya meski pemilik bisnis yang sekarang telah menjualnya kepada Anda.


Pegawai

Ketahui nilai dari masing-masing pegawai yang Anda miliki. Adakan sebuah rapat dengan mereka. Tanyakan kepada mereka mengenai seberapa pentingnya arti pegawai yang ada sekarang untuk perkembangan bisnis secara keseluruhan? Apakah staf penjualan memiliki hubungan yang erat dengan para pelanggan penting? Anda mugkin bisa mempertimbangkan untuk memberikan insentif untuk memastikan bahwa para pegawai akan tetap melakukan bisnis paling tidak melalui peiode transisi.


Fasilitas

Penyewaan bukanlah bagian integral dari neraca keuangan tetapi ia bisa menjadi sebuah kewajiban tersembunyi yang luar biasa. Ketahui jika pemilik yang sekarang secara pribadi memberikan jaminan sewa dan menentukan apakah mereka bisa memberikan jaminan kepada Anda juga.

Ada peraturan-peraturan penting untuk dipertimbangkan juga. Perundang-undangan lingkungan terutama menempatkan beban pembersihan properti yang terpolusi kepada pemilik properti yang sekarang dan dalam beberapa kasus, kepada pemegang hak sewa. Ketahui pula apakah properti itu pernah dimiliki atau disewakan oleh produsen yang terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang menghasilkan sampah berbahaya yang bisa mencemari lingkungan. Cari tahu apakah tindakan pembersihan telah dilakukan.


Laporan keuangan

Jangan menilai laporan keuangan historis dari sisi permukaannya saja, terutama jika tidak disertai oleh surat audit yang meyakinkan dari firma akuntan publik yang bersertifikat. Jangan sampai Anda bingung dalam membedakan sebuah kompilasi dari review/ ulasan. Hanya sebuah audit yang mewajibkan seorang akuntan publik bersertifikat menguji infomasi keuangan. Jika sang penjual menawarkan sebuah taksiran kepada Anda, jangan pernah menganggapnya.


Piutang

Kemungkinan besar jika bisnis itu memiliki piutang, nilainya akan digelembungkan. Periksalah dengan seksama perubahan piutang dan tentukan jumlah apa yang melampaui ambang normal yang ada dalam praktik industri yang sejenis (termin nilai nominal sering diabaikan). Kemudian anggaplah bahwa sebagian jumlah piutang itu (yang masih berlaku) akan juga berubah menjadi utang.


Inventaris

Nilai pasar barang inventaris akan selalu mengalami penurunan dari jumlah yang dibayarkan saat membeli. Meskipun beberapa bisnis yang lebih besar cenderung memiliki barang-barang yang lebih lambat bergerak, banyak bisnis kecil yang bahkan lebih ragu-ragu dalam memasukkan atau menjual sebuah barang yang sudah dianggap usang.


Pesaing

Yakinlah bahwa Anda tidak berjalan menuju ke dalam sebuah ladang ranjau. Apakah perang harga terjadi? Apakah para pesaing memotong margin keuntungan mereka hingga batas minimum? Apakah penjual yang sekarang mendengar tentang laporan mengenai perusahaan yang memasuki ceruk pasar mereka?


Pengacara

Anda perlu berkonsultasi dengan seorang pengacara yang benar-benar mengerti bidang usaha kecil sebelum menandatangani perjanjian jual beli. Hal ini penting karena ia bisa menujukkan pada Anda berbagai hal yang tersembunyi seperti kotrak, kewajiban kerja, proses hukum, tagihan kepada vendor, ewa, dan lain-lain.


Kerahasiaan

Anda harus memiliki sebuah perjanjian yang kuat dengan pemilik yang sekarang mengenai dengan siapa saja, pada tingkatan perundingan apa, dan dalam kondisi bagaimana Anda dapat berdiskusi tentang  ketertarikan Anda dalam membeli sebuah bisnis. Memberitahu pelanggan penting bahwa Anda sedang mempertimbangkan untuk membeli sebuah bisnis yang belum dinyatakan di jual secara umum akan memunculkan risiko terhadap bisnis dan  dapat membuat Anda dituntut secara hukum oleh pemilik bisnis yang bersangkutan. (*/dari berbagai sumber)


Terimakasih atas kunjungannya di sini dan jangan lupa ditunggu kunjungan berikutnya
Artikel Yang Berhubungan

Dadang ID - 21.29

0 komentar:

Posting Komentar