;

Apa Itu Google Plus ?

Apa Itu Google Plus – Google plus merupakan layanan jejaring sosial yang diluncurkan oleh Google pada akhir bulan Maret 2011. Google plus memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya untuk saling berinteraksi dan berkomunikasi dengan teman sesama pengguna Google plus lainnya.



Latar belakang munculnya Google plus.
Banyak kabar yang menyebutkan jika latar belakang munculnya Google plus ini untuk mematahkan dominasi facebook dalam dunia jejaring sosial. Google memang sebelumnya sangat berambisi untuk bisa menyaingi kejayaan facebook.

Buktinya adalah mereka sudah pernah mengeluarkan beberapa layanan yang diharapkan mampu mengimbangi popularitas facebook seperti google wave, google buzz dan orgut. Akan tetapi, semua layanan tersebut gagal di pasaran dan tetap saja tidak mampu mengimbangi dominasi facebook sebagai situs jejaring sosial terbesar di dunia dengan 721 juta anggota per November 2011.


Saat ini, Google sudah memiliki layanan jejaring sosial berupa Google plus yang diyakini mampu berperan efektif dalam menyaingi popularitas facebook. Banyak sumber yang juga mengatakan jika Google plus sebagai ancaman serius bagi keberlangsungan facebook. Buktinya adalah Mark Zuckenberg sebagai pendiri facebook pun ikut membuat akun Google plus setelah beredar kabar layanan ini telah resmi diluncurkan.

Saat ini akun Google plus Mark Zuckerberg sudah memiliki 611735 jalinan pertemanan. Akan tetapi, dia belum pernah melakukan aktifitas apapun dalam jejaring sosial tersebut. Hal ini dimungkinkan karena Mark Zuckerberg merasa penasaran dan ingin melihat seperti apa layanan jejaring sosial yang berpotensi mengalahkan facebook miliknya.

Saat ini facebook juga membatasi ruang gerak penggunanya agar tidak pindah ke Google plus. Salah satu upaya yang sudah dilakukan adalah dengan memblokir aplikasi yang dapat digunakan sebagai akses untuk memindahkan kontak data pengguna dari facebook ke Google plus.

Fitur Google Plus.

video
Pada dasarnya Google plus ini masih bersifat beta atau masih dalam tahap pengembangan, sehingga masih ada beberapa fitur penggunaan yang dirasakan perlu untuk ditambahkan.
Beberapa fitur yang terdapat dalam Google plus adalah sebagai berikut:
  1. Kolom Status, digunakan untuk membuat status.
  2. Notifikasi, memberikan kita kabar peringatan jika ada sesuatu yang terjadi dalam akun Google plus kita.
  3. Galeri Foto, fitur untuk menampilkan foto dalam akun Google plus kita.
  4. Stream, membedakan mana yang kita lihat di timeline kita.
  5. Sparks, fitur untuk mencari konten yang kita inginkan.
  6. Chat, fasilitas untuk komunikasi secara real time.
  7. In Your Circles, orang-orang yang menjadi teman kita.
  8. Suggestions, fitur untuk membantu kita untuk memasukkan pengguna Google lain ke dalam circle yang telah kita miliki.
  9. Hangouts, fitur untuk video group chat.
  10. Go Mobile, untuk sementara hanya support untuk ponsel ber-OS Android.
Cara daftar Google plus.
Cara untuk mendaftar Google cukup mudah. Kita hanya memerlukan akun gmail sebagai syarat wajibnya dan kemudian kunjungi situs http://plus.google.com/. Setelah itu, klik Keep Me Posted dan isikan biodata yang diperlukan.
Manfaat Google Plus.
Jika dikaitkan dengan dunia blogging, Google plus dapat bermanfaat sebagai salah satu alat seo untuk menentukan pemeringkatan blog berdasarkan popularitasnya di SERP (search engine result page). Saat ada pembaca yang berkunjung ke blog kita dan membaca sebuah artikel hingga kemudian merasa senang dengan artikel yang baru saja dibacanya tersebut, dia dapat merekomendasikan artikel tersebut untuk dibaca oleh orang lain dengan cara klik tombol Google plus. Klik tombol Google plus ini maksudnya adalah kita merekomendasikan sebuah artikel kepada orang lain untuk dibaca dan memberikan semacam poin plus agar halaman artikel dalam blog kita tersebut mendapatkan tempat yang baik di hasil pencarian Google untuk keyword yang terkandung dalam artikel tersebut. Jadi, semakin banyak pembaca yang klik tombol Google plus untuk artikel blog kita maka kemungkinan artikel tersebut mendapatkan SERP yang baik juga akan semakin besar. Google plus memang menjadi fenomena tersendiri saat ini. Akan tetapi, kita tidak boleh terpancing keadaan dan membuatnya semakin terkesan heboh. Gunakanlah jika memang diperlukan dan dalam batas keperluan kita saja.


Terimakasih atas kunjungannya di sini dan jangan lupa ditunggu kunjungan berikutnya
Artikel Yang Berhubungan

Dadang ID - 03.32

0 komentar:

Posting Komentar