;

Cara Membuat Daftar Isi Blog Bulanan

Cara membuat daftar isi blog bulanan itu sangat mudah. Jika sebelumnya ada Cara Membuat Daftar Isi Blog Berdasarkan Label, maka kali ini akan ada cara baru dalam menampilkan daftar isi blog kita yaitu menampilkan daftar isi blog berdasarkan arsip bulanan.



Apakah kita sebelumnya pernah mengalami masalah karena ruang dalam blog kita sudah penuh dengan pernak-pernik blog hingga kita sulit untuk menempatkan arsip? Jika memang demikian, maka ada baiknya kita mencoba untuk membuat sebuah daftar isi blog yang bedasarkan pada arsip bulanan blog kita.

Selain menghemat ruangan, keuntungan memasang daftar isi blog kita berdasarkan arsip bulanan ini adalah blog kita akan tampil lebih profesional daripada sebelumnya. Selain itu, pembaca juga akan dengan mudah melihat dan mencari konten postingan mana yang menurut mereka bagus untuk dibaca kembali sehingga peluang untuk mendapatkan page views bagi blog kita sangat besar.

Akan tetapi, pemasangan widget ini sedikit banyak akan berpengaruh pada kecepatan loading blog kita nantinya. Seperti yang kita ketahui jika semakin bertambah widget dalam sebuah blog, maka secara otomatis ukuran blog tersebut akan bertambah besar. Dan semakin besar ukuran sebuah blog, maka proses loadingnya pun tentu akan semakin lama.

Cara untuk membuat daftar isi blog berdasarkan arsip bulanan ini adalah sebagai berikut:

Masuk ke akun blogger masing-masing.

Klik entri baru.

Pada halaman yang akan membuat postingan seperti biasanya, pilihlah bagian edit HTML, bukan compose.

Masukan kode berikut.

Tanpa fungsi scroll.

<script style="text/javascript" src="http://panduanbelajarblog.googlecode.com/files/archieve_date_table.js"></script><script src="http://namablogkita.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&alt=json-in-script&callback=loadtoc"></script>

Dengan fungsi scroll.

<div style="overflow:auto; border: 1px solid #CCC; margin: auto; padding: 3px; width: 95%; height: 400px; background-color: none; text-align: left;"><p align="center"><font size="4">Daftar Isi Blog Bulanan</font></p><script style="text/javascript" src="http://panduanbelajarblog.googlecode.com/files/archieve_date_table.js"></script><script src="http://namablogkita.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&alt=json-in-script&callback=loadtoc"></script></div>

Klik simpan dan selesai.

Keterangan:

  • Ganti namablogkita dengan nama blog milik kita masing-masing.
  • Ubah ukuran height/tinggi scroll sesuai selera kita.


Contoh Daftar Isi Blog Bulanan yang menggunakan fungsi scroll seperti berikut ini.

Daftar Isi Blog Bulanan Jendele Informasi Dunia

Setelah selesai menerbitkan daftar isi blog ini dalam bentuk postingan biasa, kita dapat menggunakan URL postingan tersebut untuk kemudian kita pasangkan dalam menu navigasi atau elemen laman dari blog kita masing-masing agar mudah dilihat pembaca.

Penggunaan widget ini cukup berat bagi loading blog. oleh karena itu, pertimbangkan terlebih dahulu dengan melihat aspek kemanfaatan dan sinkronisasi dengan desain blog kita.

Terimakasih atas kunjungannya di sini dan jangan lupa ditunggu kunjungan berikutnya
Artikel Yang Berhubungan

Dadang ID - 18.08

2 komentar:

Unknown mengatakan...

bagaimana caranya saya mempunyai blog untuk membuat iklan dan dengan mendapat gaji perbulannya dari blog tersebut.
terimakasih.

Anonim mengatakan...

Boleh di coba ni

Posting Komentar